Wednesday, April 27, 2011

Honey & Beauty (Madu & Kecantikan)

Diantara sekian banyak cara alami, yang uda dari zaman nenek kita, dipercaya klo madu itu bisa menjaga kecantikan kita. Dan sampai sekarang madu banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan, dari untuk kulit sampai untuk rambut. Penelitian ilmiah membuktikan bahwa madu merupakan humectant, artinya memiliki kemampuan untuk menarik dan mengikat kelembaban, dimana kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembaban merupakan faktor penting untuk menjaga kelembutan, kekenyalan dan kelenturan kulit. Jadi ga heran klo banyak yang memanfaatkan madu buat kecantikan.

Seiring dengan bertambahnya usia maka kulit kehilangan kemampuannya untuk mengikat air, yang mengakibatkan kulit kering atau keriput. Di samping itu, lingkungan mempunyai pengaruh yang tak kalah buruknya bagi kulit, seperti terpapar polusi dan berbagai zat kimia.

Madu merupakan bahan alami yang bisa digunakan sebagai bahan perawatan pribadi, dimana zat alami yang terkandung dalam madu bisa membantu tubuh menjalankan fungsinya dalam melembabkan kulit. Kelebihan lainnya adalah madu alami cocok untuk segala jenis kulit, bahkan untuk kulit yang sangat sensitif sekalipun. Penelitian lain menyebutkan bahwa madu sangat efektif sebagai antimicrobial agent, yang berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri. Janice Cox, seorang penulis buku Natural Beauty at Home, mengatakan bahwa kandungan antimicrobial dalam madu membuatnya bermanfaat dalam perawatan jerawat ringan. Dimana perbedaan dengan produk-produk perawatan jerawat lainnya adalah kandungan pelembab dalam madu tak membuat kulit kering.

Penelitian di atas juga mengembangkan proses menggunakan madu untuk menciptakan alpha hydroxy acids (AHAs), dimana zat ini merupakan kandungan penting yang ada dalam setiap krem kulit dan pelembab karena fungsinya sebagai pengelupasan kulit, dan perawatan dengan cara pengelupasan ini berguna untuk meningkatkan perbaikan sel kulit dan peremajaan kulit. Perawatan dengan pengelupasan ini juga bisa menyebabkan kulit teriritasi, tetapi dengan menambahkan pelembab alami dari madu membuat produk AHAs jadi lebih sempurna.

Nah, yuk kita langsung tengok beberapa tips resep madu buat cantik:

MENYEJUKAN KULIT (untuk kulit berjerawat ringan)
Cara 1:
Ambil ½ cangkir air hangat dan campurkan dengan ¼ sendok teh garam. Oleskan dengan menggunakan cotton bud langsung ke bagian yang berjerawat dan beri tekanan dengan kapas selama beberapa menit, untuk melembutkan bagian tersebut. Pergunakan kapas dan oleskan madu pada bagian yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit dan kemudian basuh dan tepuk-tepuk perlahan hingga keringkan.

Cara 2:
Campurkan tiga sendok makan madu dan satu sendok teh bubuk kayu manis, kemudian oleskan pada wajah sebelum tidur. Basuh dan bersihkan keesokan harinya dengan air hangat. Lakukan secara rutin setiap hari selama dua minggu maka akan menyembuhkan jerawat sampai ke akar-akarnya.

MASKER MADU
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa madu yang dipergunakan sebagai masker wajah sangat efektif menghambat proses penuaan dini dan keriput.
Cara 1:
Oleskan madu murni pada wajah dan biarkan selama kira-kira 15 menit, hingga mengering. Setelah kering, basuhlah wajah dengan air hangat. Lakukan perawatan ini 2 kali dalam 1minggu untuk membersihkan wajah dari bakteri.

Cara 2:
Putih telur dari sebutir telur dicampurkan dengan madu alami kemudian oleskan campuran yang telah diaduk rata ke seluruh permukaan kulit wajah dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Bersihkan dengan air hangat dan air dingin berganti-ganti, dan cuci dengan air dingin. Kemudian, keringkan dengan handuk sambil ditepuk perlahan-lahan. Resep ini sesuai untuk kulit normal cenderung berminyak. 

Penelitian para ahli kecantikan pernah menyimpulkan, masker dari campuran madu dan putih telur berkhasiat untuk mengencangkan kulit. Kandungan mineral dalam madu dan putih telur memberikan nutrisi kepada lapisan kulit dalam dan kulit luar. 

Sebagai zat higroskopis (mengandung air), madu berfungsi untuk menyerap racun dan kotoran dalam kulit. Putih telur berfungsi sebagai perekat dan pengencang selama proses pemaskeran. Setelah muka dicuci dengan air hangat dan air dingin secara bergantian, kulit muka terasa segar dan mulus. Masker madu pada kulit wajah dapat dilakukan dua kali seminggu. Perbedaan yang nyata dapat dilihat setelah pemakaian masker selama sebulan.

Cara 3:
Campurkan satu sendok makan madu, satu butir telur diambil putihnya, satu sendok teh gliserin (tersedia di apotek & toko kecantikan) dan campurkan hingga menjadi semacam pasta. Oleskan perlahan pada wajah dan leher. Biarkan selama 10 menit, lalu basuh dengan air hangat. 

MADU UNTUK KULIT BERKILAU
Untuk melembabkan, melembutkan dan membuat kulit berkilau, bawa serta sebotol madu saat mandi. Oleskan ke kulit dan tepuk-tepuk dengan kedua tangan hingga mengering. Sementara menepuk-nempuk kulit, madu akan lengket di kulit. Basuhlah bekas madu yang lengket tersebut setelah selesai. Dan kalian bisa menikmati hasilnya dengan kulit yang nampak cantik nan cerah.

MANDI MADU
Sejarah mencatat bahwa khasiat mandi madu sudah dilakukan sejak zaman ratu Cleopatra.
Cara 1:
Untuk mendapatkan aroma yang manis dan kulit lembut, tambahkan ¼ hingga ½ cangkir madu di air mandi.

Cara 2:
Campurkan 2 ons madu dengan 8 ons air dan 5 tetes minyak lavender esensial, kemudian teteskan 1-2 sendok makan campuran tersebut pada bathtub dan berendamlah untuk merilekskan tubuh. Perawatan ini baik untuk melawan insomia.

Cara 3:
Caranya adalah dengan mencampurkan 1¼ cangkir full cream atau whole milk, ½ cangkir madu murni, dan beberapa tetes minyak esensial mawar sebagai pewangi dalam wadah keramik. Setelah diaduk rata, masukkan campuran ini ke dalam bath tub yang telah diisi dengan air hangat. Berendamlah selama kurang lebih 15 menit. Cara ini berguna untuk melembapkan kulit sekaligus menghaluskannya. Selain itu, madu dan susu dapat memberi asupan nutrisi bagi kulit.

SCRUB MADU
Madu juga bisa digunakan untuk mengelupas kulit mati (scrubbing). Caranya campurkan 1 sendok teh madu dengan sedikit tepung almond ke telapak tangan. Gosokan perlahan ke wajah sebagai scrub Lalu basuh wajah dengan air hangat untuk mengangkat madu.

LULUR MADU
Campurkan sebanyak 100 g madu dengan 25 ml alkohol dan 25 ml air. Kemudian, lulurkan pada kulit dengan bantuan kapas dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, dicuci dengan air hangat. Lulur ini lebih efektif daripada krim atau minyak lain karena selain dapat melembapkan kulit juga bisa memberi gizi pada kulit tersebut.

PERAWATAN PEDICURE & MANICURE
Campurkan dua sendok makan madu dengan air perasan satu buah jeruk nipis hingga merata. Campuran ini dapat digunakan untuk mengurut, memijat permukaan kulit tangan, jemari, dan kuku. Biarkan selama 30 menit. Setelah itu, cucilah tangan dan kaki dengan air hangat dan bilas dengan air dingin. Khasiat nutrisi madu dan jeruk nipis dapat memulihkan sel-sel kulit yang tua atau rusak, bahkan membangun jaringan kulit baru.

PEMBERSIH WAJAH
Cara 1:
Campurkan 1 sendok makan madu dengan sedikit susu bubuk di telapak tangan. Oleskan di wajah untuk membersihkan semua kotoran dan make-up, dan lalu basuh hingga bersih dengan air hangat.

Cara 2:
Paduan madu dengan wortel ternyata bermanfaat untuk facial, terutama bagi yang berkulit normal cenderung berminyak . Cara membuatnya adalah dengan mencampur sampai lembut wortel yang telah dicincang dengan empat sendok makan madu. Kemudian, oleskan ramuan tersebut secara merata di wajah dan biarkan 10 menit. Setelah itu, bilaslah dengan menggunakan handuk yang telah dibasahi. Lakukan secara rutin setiap seminggu sekali.

BUAT RAMBUT BERKILAU
Agar rambut berkilau dan mudah diatur, campurkan 1 sendok makan madu, perasan satu jeruk nipis, dan sedikit air hangat. Bilas rambut dengan shampo seperti biasa dan lalu tuangkan campuran tadi pada rambut. Keringkan rambut dengan cara biasa.

CONDITIONER RAMBUT
Untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, campurkan ½ cangkir madu dan satu sendok malan minyak zaitun. Oleskan merata ke rambut dan kulit kepala, lalu ambil penutup rambut dan biarkan selama 30 menit dalam keadaan tertutup. Aplikasikan perawatan ini setelah berkeramas. Setelah 30 menit, keramasi dengan shampo dan bilas rambut seperti biasa.

MENGATASI KERONTOKAN RAMBUT
Guna mengatasi kerontokan dapat digunakan campuran minyak zaitun panas, satu sendok makan madu dan satu sendok teh bubuk kayu manis sebelum mandi. Oleskan di kepala dan diamkan selama 15 menit setelah itu baru dibasuh.

TONER KULIT
Untuk mengencangkan, melembutkan dan melembabkan kulit, campurkan 1 buah kulit jeruk ditambah satu sendok makan madu dalam blender hingga halus. Gosokan perlahan campuran madu tadi ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Lalu basuh wajah dengan air hangat untuk membersihkan campuran tadi.

Source: dari berbagai sumber

Tips di atas bisa kalian gunakan sebagai produk-produk home spa, mengingat madu memang produk yang paling luar biasa untuk kecantikan yang digunakan sejak zaman mesir kuno, karena banyak terkandung enzyme bermanfaat, vitamin dan mineral. Tetapi kalian harus pastikan produk MADU yang kalian beli adalah 100 % MURNI, dan jangan gunakan tips kecantikan madu di atas bila kalian menderita alergi pada madu.

Selamat mencoba keajaiban madu lebah!

No comments:

Post a Comment