Tuesday, March 1, 2011

Interview = Sidang Skripsi + UAP (Ujian Akhir Praktikum) ?! WHAT?!

Jumat, 25 Februari 2011, g interview di salah satu perusahaan di Menara Thamrin. Rasanya kayak di sidang aja. Awalnya datang kirain bakal interview biasa, tapi ga nyangka ternyata ditest ini itu. Pertama-tama pas g datang, lagi ada kandidat lain yang lagi diinterview, jadi g disuruh isi data diri n personality gt dhe. Pas lagi isi data diri dsb itu sbnrnya kedengaran tu interview orang lain, haha.. Uda dag dig dug duer dhe rasanya. Trus ga jau dari ruang kerja tu perusahaan lagi ada seminar motivasi. Pembicaranya ngomong "kegagalan awal berasal dari ketakutan kita. bla bla bla . . ", koq rasanya pas banget ya?!
Trus setelah isi tu data diri, dikasih 18 soal tentang soal analisis & problem solving. Selanjutnya baru dhe interview ama managernya. FYI, g ngelamar jadi Bussiness Intelligence Consultant tapi jujur g ga tau Bussiness Intelligence itu apa, g ngelamar tu job gara2 g liat requirementnya ada blg 'understanding SQL commands (Oracle)', jadi g apply dhe. Yup, lanjut lagi ke cerita awal, interviewnya itu lho rasanya kayak sidang skripsi.
Pertama-tama perkenalan aja si, trus lanjut managernya yang ngejelasin tentang perusahaanny dengan b.ing. Setelah itu, sidang dimulai:
Q: apa bedanya oracle database dengan database lainnya?
Jujur, kalo ditanya gt g ga tau jawabannya, jadi g cuma jwb oracle ada PL/SQL nya, tapi masalahnya adalah g ga tau kehebatannya PL/SQL.. So, di pertanyaan ni cukup membuat g down coz g brasa jawaban g ga berbobot banget n salah.

Q: JOIN ada berapa jenis?
Nah, yang ini g bisa jawab. G sebutin ada LEFT OUTER, RIGHT OUTER, FULL OUTER, INNER, CROSS JOIN.

Q: trus perbedaan masing-masing apa?? coba sekalian aja kasih contoh misal ada dua tabel yang dijoin gt..
Glekkk.. sbnrnya untuk perbedaannya si g agak2 lupa. Tapi akhirnya g buat contoh 2tabel asli yang mau di join. biz itu orangnya tanya "kalo pake LEFT OUTER keluarnya record apa aja? kalo RIGHT? kalo FULL OUTER?"
Oke, untuk pertanyaan ini, sepertinya g cukup berhasil coz setelah g kasih tunjuk hasil2nya, orangnya blg "yup, saya cuma mau tau aja kamu bener ga konsepnya".

Q: kamu tau procedure? apa gunanya?
Yup, untuk stored procedure g cukup ngerti coz dulu semester 5, g dpt dosen yang kasih latian n games gt.
Kegunaannya sebenarnya semacam kyk fungsi gt. Saat u panggil procedure itu, maka perintah yang ada di procedure itu dijalankan.

Q: trus apa bedanya Strored Procedure dengan Function?
Bedanya cuma klo Fucntion mesti return value, sedangkan stored procedure ga harus.

Q: View itu apa?
view itu isinya biasanya gabungan berbagai table, jadi query yang sbnrnya mau dilihat, tapi view itu cuma bisa dilihat, ga bisa pake DML (Data Manipulation Language).

Q: di oracle ada namanya materialized view, trus apa bedanya ama view?
view itu bisa di istilahkan semacam pointer, data2nya ga kesimpen di view, saat akses view, yang diakses itu tetep table aslinya.
sedangkan materialized view, data2nya uda kesimpen secara physical di materialized view, jadi saat SELECT * FROM MV_name, yang diakses itu data di dalam materialized view.
Kekurangannya materialized view itu lebih susah diupdate, jadi klo ada update data baru di table asli si view pasti ke-'update' datanya coz langsung akses langsung ke tablenya. sedangkan materialized view, data yang baru di-update ke table asli ga ke-'update' di materialized view, jadi yang pernah g denger si untuk bisa ke-'update' datanya juga perlu buat materialized view log.
Tapi g cuma pernah buat materialized view, ga pernah sampe buat materialized view log.

Q: jadi cepetan mana materialized view ato view??
ya cepetan materialized view lah..

Selanjutnya ngebahas tentang skripsi g dhe. Orangnya minta g ngejelasin apa yang g lakukan pada skripsi g.

Jangan pikir interview tadi itu tahap terakhir test nya. No, no, no.. masih ada lagi. Setelah g diinterview seperti di sidang, lanjut lagi UAP (ujian akhir praktikum). Maksudnya??
G lanjut ke ruangan selanjutnya, dimana sudah tersedia laptop dan 3 soal, soalnya itu suruh buat query.
It's okay klo pake oracle database, tapi g disuruh buat query pake Microsof SQL Server 2008. Masalahnya ada bbrp statement yang beda ama oracle punya dan g cuma inget oracle punya, sql server uda lupa. Akhirnya, g ga bisa concatinate dhe, coz caranya beda, biarpun g uda buka help n baca2 tapi pas g coba ga berhasil.. >,< ga tau salah dimana..

Yup, itu tahap terakhir test interviewnya, setelah itu pulang n tunggu kabar.
Huaa~
G berasa pesimis jd nya, wkwkwk.. Knp??
Karena:
1. G ga tau soal Bussiness Intelligence, padahal untuk posisi itu butuh untuk tau tentang Bussiness Intelligence.
2. Bbrp pertanyaan pas interview g brasa salah jawab, apalagi pertanyaan pertama tentang bedanya oracle ama database lainnya.
3. Saat test prakteknya, g ga kelar dengan sempurna, si concatinate itu lho.. Grrr~

Tapi semoga aja g keterima, haha.. coz g interest banget ama ni perusahaan n job nya.
Yah, klo pun ga keterima, paling ga ini bisa jadi pengalaman yang menarik n seru buat g.. haha..

No comments:

Post a Comment